Senin, 19 Maret 2012

Gambaran Umum Sumber Daya Alam dan Peranannya Dalam Pembangunan Ekonommi

A.Pengertian Ekonomi SDA dan Lingkungan
Ilmu Ekonomi ???
Ilmu yang mempelajari tentang bagimana usaha-usaha/tingkah laku manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan berbagai alat pemuas kebutuhan yang terbatas adanya.
Alat pemuas kebutuhan = sumber daya, yang dapat berupa barang konsumsi maupun barang produksi, termasuk di dalamnya adalah SDA.
Ekonomi SDA merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang membicarakan pengelolaan SDA untuk memenuhi kebutuhan manusia secara optimal dengan tetap memperhatikan kelestarian dan keseimbangan lingkungan.
Lingkungan diartikan sebagai kombinasi antara kondisi fisik dan kelembagaan.
Ekonomi SDA dan Lingkungan menitikberatkan pada pengelolaan SDA untuk memenuhi kebutuhan manusia secara optimal dan lestari.

B.Klasifikasi SDA
Secara umum SDA dapt diklasifikasikan ke dalam dua kelompok :
1.Kelompok stok, yaitu sumber daya alam dengan cadangan yang terbatas atau sering disebut dengan SDA yang tidak dapat diperbaharui
2.Kelompok flows (alur), yaitu sumber daya alam dengan kuantitas fisik yang berubah sepanjang waktu tergantung proses regenerasinya atau sering disebut dengan SDA yang dapat diperbaharui.

C.Pengukuran Ketersediaan SDA
Untuk kelompok SD stok (Ress, 1990) :
1.Sumber daya hipotikal, adalah konsep pengukuran deposit yang belum diketahui namun diharapkan ditemukan pada masa mendatang berdasarkan survey yang dilakukan saat ini.
2.Sumber daya spekulatif, adalah konsep pengukuran deposit yang mungkin ditemukan pada daerah yang sedikit atau belum dieksplorasi, dimana kondisi geologi memungkinkan ditemukannya deposit.
3.Cadangan kondisional, adalah deposit yang sudah diketahui atau ditemukan namun dengan kondisi harga output dan teknologi yang ada saat ini belum bisa dimanfaatkan secara ekonomis.
4.Cadangan terbukti, adalah SDA yang sudah diketahui dan secara ekonomis dapat dimanfaatkan dengan teknoogi, harga, permintaan yang ada saat ini.

Untuk sumber daya flows :
1.Potensi Maksimum SD. Konsep ini didasarkan pada pemahaman untuk mengetahui potensi atau kapasitas SD yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa dalam jangka waktu tertentu. Pengukuran ini biasanya didasarkan pada perkiraan-perkiraan ilmiah atau teoritis.
2.Kapasitas Lestari. Adalah konsep pengukuran keberlanjutan dimana ketersediaan SD diukur berdasarkan kemampuannya untuk menyediakan kebutuhan bagi generasi kini dan juga generasi mendatang.
3.Kapasitas Penyerapan. Adalah kemampuan SDA untuk menyerap limbah akibat aktivitas manusia. Kapasitas ini bervariasi akibat faktor eksternal seperti cuaca dan intervensi manusia.
4.Kapasitas Daya Dukung. Adalah pengukuran yang didasarkan pada pemikiran bahwa lingkungan memiliki kapasitas maksimum untuk mendukung suatu pertumbuhan organisme.

D.Sumber Daya Alam dan Barang Sumber Daya
Sumber daya alam adalah sesuatu yang berada di bawah maupun di atas bumi termasuk tanah itu sendiri. Sedangkan barang sumber daya adalah Sumber daya alam yang sudah diambil dari dalam atau dari atas bumi dan siap digunakan serta dikombinasikan dengan faktor-faktor produksi lain sehingga dapat dihasilkan produk baru barang dan jasa bagi konsumen maupun produsen.

E.Hubungan Sumber Daya Alam dan Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi adalah Kenaikan output perkapita yang terus menerus dalam jangka panjang.
Hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan tersedianya SDA tidak sama dengan hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan tersedianya barang SD yang dipakai dalam proses produksi.
Dengan demikian, ada hubungan yang positif antara kuantitas barang SD dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi sebaliknya ada hubungan yang negatif antara pertumbuhan ekonomi dengan cadangan SDA yang ada di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar